NORMALISASI (NORMALIZATION)



BASIS DATA


 NORMALISASI

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dalam Basis Data, terdapat materi Normalisasi. Ketika kamu mencarinya, akan ada banyak referensi yang kamu dapat. Lalu, makhluk apa itu ?

A.   Pengertian Normalisasi
Dalam satu referensi, mengatakan bahwa Normalisasi merupakan sebuah teknik dalam logical desain sebuah basis data yang mengelompokkan atribut dari satu relasi sehingga membentuk struktur yang baik (tanpa redundansi).

Pada referensi lainnya, mengatakan bahwa Normalisasi adalah suatu teknik untuk mengorganisasi data ke dalam tabel-tabel untuk memenuhi kebutuhan pemakai di dalam suatu organisasi.

Dan dari pengalaman saya sendiri, pernyataan yang lebih tepat menurut saya adalah pernyataan pertama, yaitu : Sebuah teknik dalam logical desain sebuah basis data yang mengelompokkan atribut dari satu relasi sehingga membentuk struktur yang baik (tanpa redundansi).

B.   Tujuan Normalisasi
-          Untuk menghilangkan kerangkapan data (redundansi data)


Gambar 2.1 Redundansi Data

Terdapat data dengan Cust_ID yang sama disebut dua kali walaupun untuk Order_ID yang berbeda, disebut sebagai redundansi data.

-          Untuk menghilangkan multi-valued data




Gambar 2.2 Multi-valued Data

Pada kolom kegiatan_mhs, terdapat lebih dari satu data, disebut Multi-valued data.

-          Untuk mengurangi kompleksitas
-          Untuk mempermudah pemodifikasian data

Pada postingan sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai Entitas dan Atribut Entitas. Dijelaskan pula bahwa Atribut memiliki beberapa macam. Basis data yang baik adalah pemodelan data secara atomic. Itulah sebabnya dibutuhkan Normalisasi.

C.   Jenis Normalisasi
Dalam beberapa referensi, terdapat jenis-jenis Normalisasi yang berbeda. Namun, selama perkuliahan, saya diperkenalkan 5 jenis Normalisasi, yaitu : UNF (Unnormalized Form), 1NF (First Normal Form), 2NF (Second Normal Form), 3NF (Third Normal Form), dan BCNF (Boyce-Codd Normal Form).  Namun pada kesempatan kali ini, BCNF tidak akan dijelaskan.
a.       UNF (Unnormalized Form)
UNF adalah bentuk seluruh data dalam satu table. Pada posisi ini hanya terdapat satu entitas besar yang berisikan seluruh atribut-atribut yang ada. Singkatnya (Unnormalized : There are Multi-Valued Attributes or repeating groups).

Berikut adalah contoh UNF :

Gambar 2.3 UNF

b.      1NF (First Normal Form)
Bentuk Normal Pertama atau 1NF adalah bentuk dengan tanpa Multi-Valued Atribut dan kerangkapan data (1NF : No Multivalued attributes of repeating groups)


Gambar 2.4 1NF

c.       2NF (Second Normal Form)
Bentuk Normal Kedua atau 2NF adalah bentuk data yang telah lolos 1NF dan tidak terdapat Partial Dependencies.

Partial Dependencies adalah kondisi dimana dalam satu tabel terdapat dua primary key (Composite Primary Key), kemudian non-key attribute (Atribut yang tidak menjadi primary key) datanya bergantung hanya pada salah satu Primary Key.


Gambar 2.5 Partial Dependencies

Berikut adalah 2NF :

Gambar 2.6 2NF

d.      3NF (Third Normal Form)
Bentuk Normal Ketiga atau 3NF adalah bentuk data yang telah lolos 2NF dan tidak terdapat Transitive Dependencies.

Transitive Dependencies adalah kondisi dimana dalam satu table terdapat non-key attribute yang datanya bergantung pada non-key attribute lainnya.


Gambar 2.7 Transitive Dependencies



Gambar 2.8 3NF


Good database design will get you through poor programming better than good programming will get you through poor database design….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia (Elektroisis)

Laporan Praktikum Kimia (Menentukan Konsentrasi Tertentu)

10 Teori yang Dikemukakan oleh Para Ahli