Konsep Fundamental Microsoft Azure


Kali ini saya membahas tentang Konsep Fundamental dari Microsoft Azure. Pada postingan sebelum-sebelumnya, saya sudah pernah membahas cara untuk menghosting dan melakukan Service Website milikmu menggunakan Microsoft Azure App Service Web Apps.

Jadi, Apa  sih Microsoft Azure itu?

                Microsoft Azure adalah Teknologi Public Cloud Microsoft yang menggabungkan dua jenis layanan, yaitu Infrastructure as a Services (IaaS) dan Platform as a Services (PaaS). Setiap developer atau bahkan IT professional dapat bekerja lebih produktif dengan Azure. Kenapa? Karena tools yang sudah terintegrasi, managed services, juga tools yang sudah terintegrasi memudahkan kita (sebagai developer atau IT professional) membangun dan mengelola sebuah perusahaan, mobile, Web dan Internet of Things (IoT) apps faster. Azure ini terintegrasi dengan Cloud Services (Analisi, Computing, Database, Mobile, Networking, Storage, dan Web), ditambah lagi dengan kemampuannya dalam ‘menerima’ berbagai bahasa pemrograman, yaitu .Net, Java, JavaScript, Python, Node.js, PHP untuk membangun aplikasi berbasis Windows ataupun Android.

Gimana dengan keamanan Data di Microsoft Azure?

                Microsoft merupakan major Cloud provider pertama yang mengadopsi standar privasi Cloud International, yaitu ISO 27018. Microsoft adalah Cloud provider pertama yang diakui oleh Otoritas perlindungan data Uni Eropa. Jadi, kamu ga perlu khawatir tentang keamanan data di Microsoft Azure ini.

                Microsoft Azure memiliki Redudancy, Reliability, Availability, dan Maintaniability.

1.       Redudancy
Jika diartikan dalam masalah Cloud Computing, adalah peng-alternatifan data yang menyebar di beberapa host server agar terciptanya manajemen data yang konstan

2.       Reliability
Dalam Microsoft Azure, Reliability ini diartikan dapat diandalkan untuk pengolahan ‘big data’ , mengingat Microsoft Azure memiliki fitur Auto-Scale yang secara otomatis mengatur bandwidth. Sehingga kecil kemungkinan terjadinya error.

3.       Availability
Kamu bisa mengakses Microsoft Azure dengan mudah di berbagai lokasi. Dengan kata lain, data selalu tersedia (always on)

4.       Maintaniability
Mudah dikendalikan, atau dengan kata lain Microsoft Azure ini mudah ditangani jika terjadi kerusakan. Sehingga kecil kemungkinan jika terjadi kerusakan ketika data diproses dari dtorage ke running stage terjadi lost data atau kehilangan data.

Sekian postingan mengenai Microsoft Azure ini. Kamu bisa cek azure.microsoft.com untuk memulai Microsoft Azure-mu secara gratis. Semoga postingan ini bermanfaat, apalagi buat kamu yang ingin masih bingung dan mempertanyakan keamanan data di Microsoft Azure. Sama seperti postingan sebelum-sebelumnya, postingan ini untuk memenuhi tugas MSP OPREC 2016 tahap Self Learning. Jadi, sekarang kamu sudah tahu bagaimana keamanan data dan system kerja Microsoft Azure. Alasan apalagi yang membuat kamu ragu akan keamanan data dan kemudahan yang diberikan Microsoft?




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia (Elektroisis)

Laporan Praktikum Kimia (Menentukan Konsentrasi Tertentu)

10 Teori yang Dikemukakan oleh Para Ahli